FOLLOW @ INSTAGRAM

 photo 2_zps1mahdf3p.jpg

On My glasses

Tuesday, May 24, 2011

Dibalik Cerita dan Rasa,,Kahfi Graduation Day..Minggu,15 Mei 2011

Alhamdulillah,,bertahun-tahun perjalanan menuntut ilmu dan melawan kantuk dikala malam hari terbayar di hari ini,,yak hari minggu, 15 mei 2011,menjadi hari yang penuh makna dan kenangan tersendiri untuk kami.


Hari dimana kami kelas MAHIR ( Mahasiswa Akhir ) yang terdiri dari angkatan 6,7, dan 8, yang notabennya adalah angkatan paling senior WISUDA. sebuah prosesi yang penuh ke-sakralan dan haru,yang menjadi akhir dari sebuah formalitas dan menjadi awal tanggung jawab besar lagi untuk mengemban amanah dari ilmu-ilmu yang telah kami peroleh selama ini. bagaimana dengan ilmu yang telah kami terima selama 3,4 bahkan sampai 5 tahun kami kuliah di malam hari menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, dan melahirkan pemikiran-pemikiran baru. bagaimana menjadikan ilmu-ilmu tersebut seperti air yang selalu mengalir. dan setelah wisuda inilah awal perjuangan kami mempertanggung jawabkan semuanya .seperti yang dipesankan oleh guru tercinta kami OM BAGUS yang berpesan ketika terakhir kali kami berkumpul membahas wisuda dirumahnya dan agak berhimpitan kami duduk.

" setelah ini adalah bukan akhir dari segalanya, "HIJRAH" lah kalian setelah ini, hijrah dan bawalah ilmu yang tlah kalian dapatkan, maka disanalah ilmu dan diri kalian akan bersinar. dan janganlah berhenti untuk belajar, lahirkan lah sebuah pemikiran-pemikiran baru, dan ingat jangan kalian tinggalkan begitu saja kampus kalian, ingat akan junior-junior kalian, kampus yang bagus adalah kampus yang alumni-alumninya mengabdi dan ikut membesarkan almamaternya, dan bahagiakanlah orang tua kalian serta beranilah kalian dalam mengambil keputusan, dan bagi yang sudah ada pasangan segeralah menikah jangan menunda karena rejeki ada dimana pun, tidak usah takut akan tidak adanya rejeki,allah telah menetapkannya masing-masing "

seketika Jlebb, kami hening dengan perkataan beliau, begitu dalam di setiap kalimat yang terlontar yang membuat kami terhantam keras seperti ombak, dan seketika pun gelak tawa pecah mendengar akan pernikahan,,ahahahha,,sungguuh luar biasa guru kami yang satu ini, pandai memainkan emosi kami...ahahha

prosesi wisuda kali ini adalah WISUDA yang ke-2 di kampus saya, setelah 2 tahun lalu tepatnya wisuda 1 dilaksanakan. dan wisuda kali ini pun sangat berbeda dari segi emosi nya. wisuda kali ini sebanyak 50 orang dan ditambah dengan prosesi sertifikasi PUBLIC SPEAKING untuk mereka angkatan 9 dan 10 yang sudah lulus ujian.

riuh ramai suasana gedung, keriuhan keluarga wisudawan, junior-junior serta para wisudawan, memenuhi hari minggu pagi tersebut. kami yang sudah siap dengan Jubah dan Toga di diri kami, bersiap menerima penyematan berupa pemindahan tali yang berada di kepala kami. prosesi wisuda yang dilaksanakan dengan penuh keheningan dan suasana haru berjalan dengan sangat baik sekali. dan beberapa acara yang sangat berkesan disaat itu adalah ketika


  1. Sambutan salah satu dari kami yang ditunjuk langsung oleh Om Bagus saat itu, dan diam sejenak om memperhatikan kami dengan wajahnya yang penuh haru. dan sahabat kami adalah SIWANTO yang mendapatkan kehormatan untuk menyampaikan kesan dan pesan. yah tak salah om memilih Siwanto untuk berbicara. begitu besar pengorbanannya untuk kuliah bersama kami. Siwanto hanyalah seorang pedagang Asongan keliling yang dengan tekadnya akhirnya dia bisa kuliah dan menyelesaikannya. dan ketika kuliah dia pun dengan menggunakan sepeda sederhananya mengayuh ke kampus, entah berapa lama perjalanan yang ia habiskan untuk tiba ke kahfi dan pulang ke rumah di sepi nya malam sepanjang jalan. dan kami pun terharu dan mengakui akan perjuangannya.hikss
  2. ketika guru kami OM BAGUS mulai memasuki podium, serawut wajah yang seketika berubah menjadi penuh haru dan sedih terlihat jelas dihadapan kami. dan membuat kami menjadi lumer"nangis" seketika 
  3. sambutan dari sang guru, guru yang telah banyak mengajarkan kami arti kehidupan,yang telah membuat kami menjadi pribadi yang lebih baik dan kuat dan pribadi yang selalu takut akan allah dan ikhlas menjalankan apa yang ada didunia ini. setiap kata yang terucap membuat siapa yang berada diruangan tersebut terenyuh,dan lagi-lagi rawut wajah beliau pun tak bisa menyembunyikan kesedihan, keharuan dan kebanggaan, suaranya pun mulai memberat dan air mata pun mulai menetes sambil meneruskan sambutan beliau. kami pun terhenyak dan seketika pun pecah tangis kami,tak hanya kami yang wisuda, yah bukan hanya kami saja,tapi seluruh gedung tersebut menangis melihat dan mendengarkan beliau. Rasanya tak ingin kami menyelesaikan kuliah kami,tak ingin berpisah, dan seketika bayangan perjalanan dan perjuangan menuntut ilmu kami hadir dihadapan kami, mengingatkan kami dengan keras dan semakin sesaklah dada mengingat itu semua..hikshiskhiks  
  4. sebuah lagu "Hymne Kahfi" yang sebulan lalu diciptakan oleh guru kami pun menggema dalam ruangan tersebut. penuh makna dan pesan disetiap liriknya, dan lagi-lagi lagu itu mengingatkan kami, dan lagi-lagi air mata kami pun mengalir...
  5. renungan wisudawan,,tangis kami pun pecah serta merta an tak tertahan lagi,,renungan yang langsung disampaikan oleh beliau, semua melepaskan rasa sesak itu, rasanya kami tak rela meninggalkan semuanya. begitu dalam sekali apa yang disampaikan, dan tak ada kata yang bisa mewakili rasa itu...


dan pastinya kami akan merindukan suasana kuliah dan kelas

  1. suasana berbagi cerita pengalamn hidup atau apapun dari om yang selalu saja baru setiap kuliah. 
  2. suasana tegang dan deg-degan ketika harus maju praktek dan memaparkan sesuatu.
  3. suasana gelak tawa karena cerita bahkan kata-katain salah satu diantara kami.
  4. suasana ketika kami harus di omelin karena kelakuan kami yang membuat om jengkel dan marah, bahkan hingga di usir dari kelas
  5. "pesan-pesan" yang selalu saja ada ketika kuliah yang terkadang membuat kami terhantam sesuatu.
  6. kuliah ilmu fikir oleh bang fahrudin,mengupas kehidupan dari segi alquran dan fenomena-fenomenanya yang membuat mata terbuka.
  7. kuliah bersama Pak Taka "pemeran Bos di sinetron Office Boy ( OB )"
  8. rebutannya cewe-cewe mencari teman pulang naik kuliah "boncengan motor"
  9. dan tentunya makan indomie bersama di MAS NUR,,,hihihihihi


suasana wisuda yang tak pernah ada dikampus mana pun,hanya ada dikahfi yang seperti ini, penuh makna,rasa, haru dan tawa. ditempat yang sederhana semuanya berjalan dengan sempurna dan penuh arti,yang tak akan pernah kami lupakan hari itu dan rasa yang ditimbulkan saat itu. tidak disebuah gedung yang megah kami melakukan prosesi tersebut, tidak pula dengan ratusan peserta wisudawan, cukup disebuah gedung sederhana dengan penuh kehangatan. kami bangga dan bersyukur menjadi bagian dari sekolah ini,kami bangga menjadi bagian dari keluarga ini.

tak ada yang satu pun yang dapat mewakili ucapan terima kasih kami yang begitu besar kepada beliau"OM BAGUS" atas apa yang telah diberikannya. semoga allah selalu melimpahkan kesehatan dan keberkahan dalam keluarganya. dan keberkahan untuk kahfi dan junior-junior kami yang masih berjuang.
semoga kami bisa menjadi lilin-lilin kecil yang dapat enyinari dunia seperti lagu yang di nyanyikan ulang oleh om, dan semoga kami bisa menjadi pribadi yang bijaksana dan rendah hati terhadap ilmu yang kami miliki, dan menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain..terimakasih untuk semua junior-junior,,alumni-alumni, orangtua kami, dan tentunya om bagus dan om firaun sekeluarga..amin.
puisi

Satu juta kata Tak terwakili
Waktu telah menyeret sebuah impian kedalam sebuah perubahan.
Dan hatipun mulai ku benturkan ke dalam sebuah tembok,,memecahkan apa yang telah menjadi benteng besar yang menjadi kejelekan.
1 juta kata tak mampu terwakili untuk menjabarkan perasaan ini,
perasaan syukur yang telah membawaku kepada mereka,
Mereka yang telah banyak memberikan cahaya.
Sebuah tempat sedrhana memiliki sejuta cahaya.
Cahaya yang menerangi setiap celah, sebuah cahaya kecil yang berubah menjadi besar yang mampu menerangi seluruh siapapun.
Kampus kehidupan ini yang telah membawa kaki ini berani melangkah dan berlari meraih segalanya.
Dan seorang Guru kehidupan bak sebuah lonceng besar dengan suaranya mengisi keseluruh ruangan, memberikan irama, warna dalam setiap pribadi yang larut didalamnya.
seorang yang menjadi perantara dari allah,
mengetuk setiap pribadi orang, menyadarkan akan makna-makna kehidupan allah,
akan diri sendiri, orang lain serta pesan-pesan allah yang dulu tak sanggup di mengerti, kini perlahan pesan-pesan tersebut mampu terbaca dan membuat kami tertunduk.
Setiap tetesan asa dikala malam memberikan suatu kekuatan yang berwarna, dan membuat kami kuat berani menatap ke depan.
Ya allah,beribu doa ku panjatkan, jagalah selalu ia dalam setiap detak nafasnya, dan lindungilah lilin-lilin kecil lainnya yang ssedang bersama-sama ingin menerangi dunia ini.
Dengan kehendak-Mu lah kami dapat menjadi sesuatu yang besar



2 comments:

NIT NOT said...

selamat mba...berkunjung bentar....

Nik Salsabiila said...

Congrat ya mb..atas kelulusannya...smoga berkah...
maen dan follback blog saia ya mb...^^
salam bloofers...