FOLLOW @ INSTAGRAM

On My glasses

Friday, January 9, 2015

Pendakian Gunung Lawu dan Mitos Warna Hijau | 11-13 Desember 2014

Solojebres di dini hari pun menyambut gue dan achan. setelah 9 jam perjalanan kereta gaya baru malam. ini kali pertama nya pendakian bareng achan, kami sudah kenal cukup lama tapi hanya terbatas pada grup watsap aja. oke lupakan! pendakian galau tepatnya, galau karena kami berdua sama-sama bocah pitik yang baru resign kantor dan kebingungan mau jalan kemana. weel see,, pendakian NEKAT pula, yang penting punya tiket KAI, entah siapa yang nganter nanti di lawu. hahhaha

rejeki anak sholehah, temannya achan yang orang solo mau nganterin pendakian ini plus mau bawain tenda-tenda sebut saja namanya gondrong..hahha. Jumat dini hari sudah dijemput distasiun dengan KAI yang ngaret 3 jam,fiuuh. kami pun langsung menuju rumah gondrong buat istirahat bersih-bersih dan packing ulang. jumat 12 desember 2014 pukul 11.00 gue dan achan pun menuju terminal tawangmangu dengan bus seharga 13.000 dari pasar sapi solo dengan jarak kurang lebih 3 jam..hoaams..setelah jalur yang terus menanjak dan berada diketinggian akhirnya tiba di terminal tawangmangu dan melanjutkan ke basecamp Cemoro Sewu yang ada di pinggir jalan katanya itu juga. aselik kita berdua belum pernah kesini sama sekali..hahaha. dingin bikin laper so jajan-jajan bocah dulu di terminal sebelum akhirnya naik mobil sejenis kendaraan pribadii warna putih menuju basecamp, sekitar 1 jam lah perjalanan dengan tarif 12.000 kita berdua penumpang terakhir serasa sewa mobil sendiri.

udara di basecamp cemoro sewu berkabut pukul 2 siang artinya dingin nya gak waras buat gue orang jakarta!! berdoa supaya gak hujan saat pendakian nanti. ini kali pertama pendakian di hari jumat alhasil adalah basecamp sepi bingits sumpah..ckckc. sambil menunggu sholat dulu di masjid depan dan ntah kenape pengen aja yasinan. gunung lawu terkenal mistisnya jadi gue coba untuk gak mikir yang macem-macem. eng ing engg keluar masjid gak lama cuaca jadi panaass,,wouwoooo ngaji gue dikabulin ternyata.alhamdulillah..

kabut semakin lama semakin menghilang, dapat kabar bahwa 2 hari kemarin badai parah terjadi sampe gak da yang muncak. jam 3 sore pendakian dimulai gue, achan, gondrong, dan kempes (anak mapala gunung lawu). sepanjang perjalanan cuma kita ber4 yang naik, paling ada yang turun beberapa orang, berasa hawa mistisnya. pos bayangan yang menyebalkan dari basecamp ke pos 2. oya gue dan achan(cewe) sama-sama peka sama yang namanya "gaib" plus bisa liat kalao kata orang mah dan 2tmn cowo kita ini pun sama..jadi ini pendakian uka-uka..hahah. diperjalanan achan yang udah mulai ngeliat yang aneh-aneh pria tua bertopi kompeni dengan gigi bertaring. kempes sebagai leader trs gue achan dan sweeper si gondrong. warung-warung disini pada tutup eyaternyata kata cwo berdua itu kalo semalam adalah malam jumat kliwon jadi ga da yang berani jualan plus makanya badai besar. hahah. sampai akhirnya di pos 2 magrib, kita istirahat. 2 cowo pendaki lain yang bareng berada di dalam bangunan bikin api unggun sementara yang lain cuma di luar aja. dan gue sendiri pun cari lapak buat sholat magrib. masuk di rakaat ke 2 mukena yang gue pakai dari belakang macam diterbang-terbangin ketiup angin keceng gitu yatapi anginnya cuma di sekitar gue sholat*ga bener banget ini* . perjalanan dilanjutkan malam itu bener-bener sepi dan cuaca cerah banget, taburan bintang dan gunung merbabu yang cantik terlihat jelas dan indah di malam itu. aakhhh surga ini surga nya pendaki setelah capek-capek.
jam 10 malam akhirnya kami tiba di sendang drajat.. yap camp kita disini didalam gua sebelah pemujaan, untung aja sepi jadi gak berebutan lapak," naik gunung itu bawa tenda bukannya nginep di warung si bapak di sendang drajat" celetuk kita rame-rame.. maklum ini adalah edisi camping ceriaa..wahahha. buka tenda, masak-masak senang rasanya karena langit cerah. tak lama beberapa pendaki mulai datang malam itu. jam 00.00 pun akhirnya satu persatu pun telap.
Rejeki anak sholeh bener-bener dipagi hari ini..ini langit sunrise tercantiiikk sampe saat ini..sunrise dari sendang drajat bikin mata terbelaklak banget warnaa nya yang super perfect bagi gue, meskipun angin kencang dan dingin banget pagi itu. Tapi ini bener-bener AMAZING!!. Maybe ini yang dikatakan setelah 2 hari badai sebelum kami  naik, langit pun jadi baik hati.
Pukul 07.00 setelah mengiris sayuran, kita pun summit menuju hargo dumillah puncak sesungguhnya. Track nya yang menyenangkan landai turun dan gak nanjak-nanjak banget, dan disini salah satu jalur tercepat setelah gue ngeliat posisi warungnya Mbok yem dari atas yang beeuh jaaauh ajaa, jadi ogah buat mampir ke mbok yem…wkwkwk..cukup 0.5 jam akhirnya sampaiii….ini hip hip hura bangeeeet karena puncaknya sepi bingits..hahah..Cuma ada beberapa orang aja gak kaya pemandangan orang manasik haji bejubel..hahhaha.. keluarlah semua gaya narsis seperti biasa di puncak. Mengelilingi seluruh area puncak.
Pukul 09.00 akhirnya kami pun sudah tiba di camp sendang drajat, mengisi perut dan kemudian bergegas turun Karena kereta kami mala mini jadi biar gak tergesa-gesa atau bisa leye-leye. Sepanjang turun banyak teman-teman pendaki yang baru memulai pendakian,,yaiyalah wong hari sabtu. Dan disertai dengan cuaca yang aneh tar kabut ntar terang. Cukup ngebut kala itu karena kita khususnya gue gak mau kena hujan disini.REPOT!!*alesan*. Cuma butuh waktu 2.5 jam akhirnya kami tiba di basecamp dengan selamat baik dan laper..hehhehe..
Akhirnya, ngidam ke lawu yang batal-batal melulu dari tahun kemarin terlaksana dengan partner incrime achan yang bernasip sama dengan gue. Hahaha..thanks buat grandong dan juga kempes yang udah banget-banget ngeporterin camping ceriaa…hahahahha

Catatan:
Banyak kejadian aneh yang dialamin
1.      Sebelum kami naik ada sekelompok anak-anak SMA yang ternyata dibawa gaib sehingga nyampe duluan.
2.      Ketemu dengan kakek-kakek topi kompeni dengan gigi taringnya dua
3.      Disepanjang sebelum pos bayangan dari jauh terlhat ramee dan hawa yang gak enak.
4.      Dan sepanjang pendakian kemarin kami ber4 sudah ditunggu-tunggu dengan “penghuni” sana.
5.      2 hari sebelum kami naik, ternyata ada pendaki yang meninggal dan banyak yang gak tau kalau meninggalnya di pos 2, dan malam itu dia “menunggu” kami.
6.      Dan saat sholat magrib sendiri di pos 2 itu lah mukena gue pun diganggu di terbang-terbangin ditarik-tarik.
7.      Setaip kali saat kami turun berpapasan dengan rombongan pendaki yang berbau hijau yag mereka kenakan pasti kabut tebal lansung turun dan setelah kami melewati rombongan tersebut cuaca kembali terik.hadeh.
8.      So peringatan JANGAN PAKAI HAL YANG BERBAU HIJAU KALAU KE LAWU. Gue sebagai pencinta hijau dan saat kemarin banyak barang-barang berbau hijau alhasil harus ditinggalkan, huhu…

our team
Happy Bday Ischamdi Dwi Rangga

Bidadari lawu turun dari kayangan..haha