FOLLOW @ INSTAGRAM

 photo 2_zps1mahdf3p.jpg

On My glasses

Tuesday, October 11, 2016

Permisi Bali........ ( 2016 )


Hay Bali, I’m come back again after 2 year yeah. Setelah 2 tahun lalu terakhir dan pertama kalinya gue ke Bali buat ke Gunung Agung Via Besakih. Sekarang gue datang lagi. Hahhaa. Ya meskipun gak seperti dulu yang via darat.



Kunjungan kali ini adalah hasil dari karena perjalanan dinas kerja yang Cuma sehari tapi atas kebaikan dan ijin rayu rayu ala ala ke bos *sebut saja dia gatot kaca*,,ahhaha, akhirnya gue pun diijinkan untuk extend di Bali. Di Bali gue belum pernah ke mana-mana sih kecuali ke gunung agung dan sekitarnya..hahah, jadi agak bingung mau kemana dan tetep buat gue dengan perasaaan yang flat untuk segala tempat wisatanya , ya karena banyakan pantai. Hahaha. Dan pastinya gue gak akan memasukan Bali sebagai list honeymoon gue. Gue bingung kenapa orang seneng banget ke bali? Hmm.. kalaupun gue tertarik ke bali itu karena gue mau tau detail akan budaya nya, ngoprek ngoprek tentang budayanya pokoknya. Oke, singkat cerita begini. Karena bingung, akhirnya gue pun mengontak beberapa temen gue di bali. 1 2 3, akhirnya Cuma ada 1 yang bisa gue gangguin itu pun dihari sabtu aja. Alhasil beberapa point harus gue lakukan dengan jiwa solobackpacker gue.*kumat*. 

First Point Place ( GWK ) 
Karena bingung mau kemana, diotak gue Cuma satu sejak sebelum berangkat. Yaitu gue gak boleh melewatkan namanya Tari Kecak di Uluwatu,hasil penasaran gue akhirnya terbooked lah 1 tiket di jam 3 pagi di tiketkeccak.com seharga 95.000 untuk pertunjukkan pukul 18.00-19.00. hahahha. Dan mulai bingung, first step akhirnya gue ngetes ke GWK. Ngetes-ngetes akhirnya ada juga gojek yang mau ngangkut gue dari ke GWK. FYI disini gojek atau grab masih terbatas banget accessnya itu karena paguyuban transportasi local. Sampai di lokasi, ekspektasi gue adalah bakal keren dan gue mau nonton segala pertunjukkan yang ada disana. Tapi apa? Ekspektasi is ekspektasi realiata ya telen aja,,hahaha. Dengan tiket seharga 70.000 masuk lah ya jalan sana sini. No more good place or view in this area for me. Adanya Cuma batu-batu besar macam tembok gitu, terus saat masuk ke salah satu area yang tertulis wilayah bunga teratai, pas kedalamnya “ yaa ampun mana bunga nya????Kaga Ada! Zzzzzz” . yaudah biar kekinian macam orang-orang seleb instagram gitu pepotoan lah gue dengan sang tongsis di patung garuda dan mamang wishnu.eaaa * maklum solotraveler*. Yang buat gue agak buat penasaran adalah tempat sembahyang di samping patung wisnu. Dan air yang mengalir di patung wisnu. Kalo di short stories di area sana itu adaah air suci dari mata air. Pantesan pengen banget rasanya gue cuci tangan atau cuci muka gitu kali aja jadi awet muda ya kan? *toyor*. Seharusnya bapak-bapak yang bengong jaga disana menjelaskan bersifat active terhadap pengunjung gitu. Alhasil si bapak-bapak itu Cuma jadi pajangan doing. HIH!. Masih siang gue putuskan langsung cuss aja ke uluwatu daripada nanti macet ya kan mending jamuran disana kan bisa liat-liat. Lagi-lagi ngetes nih ada gak ya mamang gojek? Hahhaa rejeki gak kemana alhasil dapatlah gojek dengan harga 24000 ke uluwatu. Maklum disini makin gak boleh transport online begini. 

Second Point Place ( Uluwatu ) 
Pertunjukkan kecak baru dimulai pukul 18.00 dan jam 14.30 gue udah sampai.hahah. ketika ngaso di satu tempat yang ada colokannya*orang kota fakir colokan* tiba-tiba handphone gue yang diatas keril gue pun dengan beringasnya diambil monyet besar yang harusnya berkeliaran didalam area uluwatu. Panic panic panic!! Dengan jahanamnya casing di robek-robek sampe rusak, handphone dikekepin, kena-kena air gitu. Sementara si pawang monyet lama aja datengnya dan jadilah tontonan rakyat seindonesah dan international disana pfft. FYI: hati hati dengan barang bawaan disini karena monyetnya terkenal ganas. Padahal gue belum masuk kawasan pura nya tapi udah kena zonk duluan. Kemudian masuk lah kekawasan uluwatu dengan membeli tiket seharga 30.000 ( domestic ) tapi gue Cuma 20.000 karena dikira anak-anak.hahaha (I’m still cute?). putar sana sini. Ya pokoknya kaya begitu deh isinya liat buat detail cari aja ya. Saat tari kecak akhirnya kenalan dengan pria jepang yang kerja di Surabaya. Okelah kali aja bisa dapet tebengan pulang.*ga penting..ahha*, jam 5 kurang open gate kecak udah buka. Ampun kayak nonton konser rame amat perbandingan 50:50 domestic dan local sampai lesehan didepan stage.hahaha. keren lah acara tari kecak nya. Detik-detik selesai acara mulai panic, karena gue bingung mau pulang pake apa,,ahhaha,, karena bus trayek Cuma sampai jam 18.00 dan mamang gojek yang tadi nganter gue katanya kalo bisa nanti dijemput tapi alhasil dia lagi di jimbaran jadi gak mungkin. Ahahha. Aselik panic! Dan oke trik selanjutnya adalah pasang muka panic gue di tingkatkan ke level 9, dengan alesan “saya ditinggal teman saya, jadi saya bingung mau pulangnya” hahaha. Minta tolong sama sekumpulan ibu-ibu ah ternyata dia udah penuh mobilnya. Salah satu kendaraan yang bisa menolong gue adalah taksi sih taksi maksa gitu seharga 350.000 sekali jalan. Kalo gue sendirian buat seorang solotraveler macam gue begini jadinya nangis di pojokan WC. Sekian menit akhirnya ada 2 bule dan 1 cowo dari papua ( sok iye orangnya ) akhirnynya mau diajak sharecost sampai plaza kuta. TERSELAMATKAN!..hhaha Sampai kuta pukul 21.30 dan rencananya gue dan temen gue waktu kekerinci ini *om nemo* akan pergi ke Gunung Batur malam ini juga. 

Third Point Place ( Batur Mountain ) 
22.30 baru sampai hotel. Dan badan kaya ditabokin orang plus radang tenggorokan yang makin parah.hiks. ternyata rencana pergi ke gunung batur pun jadi dan gue akan dijemput pukul 02.00 dini hari. Beberes dan Cuma sempet tidur ayam 1 jam. Cuma modal hammock dan sandal gunung aja. Gunung batur ini adalah gunung tertinggi ke 4 kalo gak salah di Bali dengan ketinggian 1717 MDPL. Jarak Kuta sampai dengan parkiran gunung batur ini sekitar 2 jam. Sesampai di kaki gunung batur ternyata rame juga dengan turis karena ini dijadikan salah satu paket wisata EO-EO Trip di Bali. Okesip! Tepat pukul 04.00 gue dan om nemo pun mulai pendakian melalui jalur yang kalo bukan warga sana pasti gak tau. Tidak dikenakan retribusi, tapi beberapa EO Trip juga ada yang bawa tamunya lewat jalur ini. Dengan air 1.5 liter dan beberapa snack akhirnya pendakian dimulai. Treknya banyak datarnya awalnya kok sampai tiba di pos 2. Gue istrirahat sejenak dan om nemo pun buang hajat.hahha. mulai lagi dari pos 2 dan the REAL STORIE BEGIN!hahaha, kamu akan dihadapi dengan 2 percabangan, gw yang posisi didepan nanya dong ke om nemo” kanan atau kiri om?kanan sya” . jujur sih gue agak bertanya-tanya kemarin tentang jalur itu. Oya, om nemo ini udah 3 kali kesana dan tiap minggu dia kesini alhasil yaudah percaya aja gue mah. Trek datar, sedikit nanjak ,,naik turun ,,datar lagi,,sampai-sampai mulai curiga kok sepi yak kemana rombongan bule-bule tadi, terus kok jalurnya makin rapat yak, kok suara motor jauh banget ya perasaan tadi enggak dah..hahha. mulai ragu mulai aneh, ahhaa” om bener gak nih? Balik aja lagi kalo salah ke point awal. Bener kok sya kemarin kayak gini, tapi kok jauh yak sya..udah lanjut aja. Hmmm. Perasaan gue mulai gak enak dan akhirnya mulai istigfar gue,,ahhahhaah,inget-inget kali tadi gue salah ngomong pas di trek. Hahaha.liat diliat kok makin tertutup vegetasinya macam masuk lorok dan hutan banget. Setelah diem sejenaaaaaaaaak, akhirnya FIX kita nyasar!! Ahhaha,,,

padahal ini udah banyak tanjakan dan udah jauh banget loh. Sekitar 45 menit, speed kaki mulai diperccepat buat kembali ke point percabangan tadi. Gue mau teriak-teriak kali aja ada yang denger. Sampai akhirnya ketemu suara motor dan nanyak.wkakaka..dan ketemu lah Pos 2 awal tadi..hahaha. ampun deh jadi setelah pos 2 dan nemu percabangan harusnya elo ambil kiri. Tapi katanya tadi om nemo itu gak liat kiri nya. Hmm.. GILS GILS GILS banget yak an 45menit sementara udah mau terang.wkwkwk. dan dari pos 2 ini masih 2 jam lagi dengan trek nya yang lumayan lah. Bentar-bentar berenti, karena udah kehabisan tenaga di jalur nyasar tadi jadi nya keok…wkwk..ditambah lagi gue yang udah 5 bulan gak naik gunung, fisiknya sih masih oke Cuma mental pengen pulang gue jadi kambuh begini,,asseeem!,,ahhaha duh. 

 Jam 06.00 masih di tengah jalur yang mulai terbuka vegetasinya, alhasil sunrise an di tengah jalur,,ahahha, gapapalah ya yang penting bisa liat deretan penggunungan Rinjani yang kece banget dan punggungan dan danau kintamani dari tengah jalur,ditambah lagi matahari yang muncul dari arah deket rinjani. CAKEPS BANGET!. Treknya dan kesiangannya yang bikin jadi down,,cih lah! Pengen pulang rasanya..ahhaha. akhirnya sampai di puncak itu jam 7.30 halooooo,,,bersama kabut plus plus. Jadinya nonton kabut deh. Kalau urusan dingin, disini dinginnya gak terlalu kok, dinginnya 15 derajat tapi dingin-dingin sejuk gitu karena gue pake sweater aja oke aja. Gak bisa liat apa-apa karena kabut. Mau beli teh panas tapi katanya harganya 30.000.gajadiii deeeeeh.hahha. foto sana sini sampai nunggu kabut agak redaan. Dan dikasih tau disalah satu lereng dan cukup dekat ada semacam lubang belerang yang muncul jadi bisa masak telor atau kopi gitu. Tapi gue gak coba sih kemarin tapi lagi ada kemarin gue liat orang-orang.hahaha. 

 Pemandangan beberapa puncak gunung bali ( lupa namanya ), ditambah dengan punggungan kintamani dan danaunya ini kece banget. Kalau dari puncak begini semacam mangkok gitu. Katanya ini mirip dengan tambora yang dulu tinggi kemudian meletus sehingga membuat lubang hingga puluhan bahkan ratusan kilometer diameternya. Speechless sama bagusnya ini gunung batur dan relief trek-treknya, sepanjang perjalanan gue jadi inget jalur-jalur gunung dijawa yang gue dapet disini. Lo bisa temuin jalur shiratol mustakimnya raung, padang savananya merbabu, jalur pasirnya semeru, pemandangan gunung tamboranya ini kece bangets kalo menurut gue. Harusnya kalau kesini camping tapi kemarin gue Cuma tektok gitu..ahsudahlah. saat perjalanan turun gunung, gue menemukan beberapa orang yang sedang memikul drum air kira-kira itu 20-30 liter yang di panggul di atas kepalanya,WOOOW GILS GILS banget. Ternyata mereka adalah beberapa penduduk yang sengaja berjualan mencari nafkah di puncak gunung batur ini, biasalah jualan makanan dan minuman. Otak heran gue mulai penasaran katanya gunung ini gak ada sumber airnya, tapi kok dapat banyak air. Ternyata mereka itu menampung air itu dari hasil kabut dan uap asap belerang gitu. Emang sih kalau udah kabut disini ampun banget TEBEL nya. 

Keseimbangan tubuhnya dan kekuatan badannya yang bikin gue gak habis pikir KOK BISA??. Intinya mereka makan apa yak bisa seterong begitu? Makan TUNTUTAN HIDUP SYA!!! Ahhahah duh!. Dipuncak lo gak akan menemukan tulisan puncaknya justru lo harus turun cukup jauh ke bawah jalur gue turun gunung baru lo bisa menemukan prasasti tugu puncak gunung batur sendiri. Gunung batur sendiri disitu tertera hanya ketinggian 1717MDPL, ini kecil-kecil cabe raaawitt banget.hahaha. jujur gunung ini banyak banget view-view kece buat instagram kalo mau jadi seleb instagram gih kesana..hahahhaa Disini juga ada loh lavapark gitu, jadi sekian ratus KM ada kawasan sendiri bekas lava tumpah yang sudah mengeras dan ditengahnya ada pohon-pohon gitu. Terus disebelahnya ada bukit-bukit lain sendiri gitu. Ah cakeplah pokoknya dideskripsikannya. Perjalanan pulang gue dari pukul 10 akhirnya sampai dibawah pukul 13.00 kebanyakan poto-poto sama istirahatnya.hahhaa. tapi senanglah ya setelah sekian lama dari Mei gue gak naik gunung akhirnya naik gunung juga. Ihiiiy. 

Fisiknya masih oke Cuma mentalnya ampun jadi melempem. So hasil intropeksinya adalah jangan kelamaan gak naik gunung mentalnya jadi memblee…hikss.. oya hasil nyasar ketika berangkat tadi itu adalah karena si om nemo yang PUP gak pake permisi jadi disasaran sama penghuninyaa..hikss. tapi akhirnya perjalanan ke Bali kali ini ada cerita aneh lagi setelah 2 tahun..hahahaha. setidaknya gak jadi monoton karena Cuma melototin pantai,,pantai,pantai..dan jalan-jalan cantik doing..HIH..so semoga bisa next trip ke Bali lagi yaaaa.

0 comments: