FOLLOW @ INSTAGRAM

photo 2_zps1mahdf3p.jpg

On My glasses

Friday, February 7, 2014

Sumber air sudekat kalimati kaka #airmatamahameru

Akhirnya pukul 13.00 kami pun tiba di kalimati,camp terakhir sebelum menuju mahameru.batas pendakian yang diperbolehkan TNBTS. Namanya orang Indonesia,yang dilarang ya bakal dilakuin..haaha. kami pun mendirikan tenda tepat disamping gubuk shelter disamping pohon. Terasa sepi sekali kalimati dengan pendaki yang sedikit, ditambah udara dan angin kencang nya yang membuat dingin ketulang.

Pohon besar bikin ngantuk udah gak peduli saat itu gegulingan ataupun tengkurep ditanah meluruskan kaki yang menjerit-jerit lelah dan ngantuk yang menggelayuti mata seperti ada kingkong gelantungan. “ayoo ambil air ambil air keburu sore”…rasanya pengen beli kaki,trus tuker sama mata baru,capek banget tapi pada ngambil air di sumber mani, botol-botol dan drigen udah siap. Jalan lah kami menuju sumber mani,satu-satunya sumber air, butuh waktu sekitar 1 s.d 1.5 jam sekali jalan,jadi kalo PP 2jam an. Jalurnya itu kalo kita kesana enak banyak turunan dan memang agak jauh dan sepi banget, semacam memasuki suatu daerah terpencil dengan beberapa tebing batu sekitarnya. Di sumber mani terdapat 2 pancuran mata air yang satu diatas dengan 2 selang supaya gak ngantri banget dan yang dibawah 1 agak kecil. Entah kemarin nemu sesajen disini. Sepi sepi disini Cuma kita ber 6(didin,wandha,masben,doring,nina,gue). 10 botol aqua 1.5 liter plus 2 drigen manteep bangeet..ahahha..balik ke kalimatinya yang engap-engapan nanjak karena kaki udah mau copot.

Semakin sore hari angin pun semakin kencang di kalimati ini, sementara sejauh kepala menengadah keatas melihat keangkuhan sang mahameru didepan mata penuh dengan pasir. Seolah berkata dan menantang mereka-mereka yang hendak bertemu para pencari dewa dengan segala kekuatan fisik dan mental. Dalam hati sambil menatap nanar “ itu yang garis lurus itu jalurnya keliatan banget,hmm,,duh gimana cara naik nih ga da pohon buat pegangan begitu, merangkak oke merangkak..harus cari kayu ini berarti. Dan semoga otot jantung gak kumat. Jangan kumat dulu ya allah ga mau nyusahin orang disini,,ga boleh nyusahin ga boleh..sehat..sehat..sehat*sugesti diri sendiri*”

Mariii maaakaaan,,akhirnya cacing-cacing kremi pun bisa anteng juga.pukul 17.00 ditemani gemelutuk nya gigi, sayur sop, sambal terong(bukan balado terong)*inisumpahenak*, bakwan jagung.. sumpah 10 tahun trauma gue gak pernah makan terong akhirnya makan terong yang disulap jadi begini..hahha..plus bakwan jagung yang super berbulan bulan yang gak pernah gue makan..hahah*norak*. Terjadi peperangan dan bidik singit terhadap bakwan jagung pun terjadi antara gw dan doring,,,hahhaa. Pendekar api unggun”rangga” pun mulai beraksi mencari kayu bakar dan menyalakan api, digosok digosok ga nyala-nyala,perang banget dengan angin kalimati yang kenceng saat itu,semua sampah udah dikumpulin berharap bisa nyala tetep juga gak nyala,senewen udah kemana-mana,akhirnya setelah hampir 0.5jam apa 1 jam si api mau nyala..hahha*getok pake nesting*. Api unggun kami pun akhirnya bisa mengumpulkan kami menghangatkan tubuh bersama mereka-mereka dari tenda tetangga.lumayan dapet abon teri pedes buat di gado..hahha..malam itu di isi dengan adu gaplek dan nyanyian suara kalimati yaitu suara angin dan binatang kecil dan briefing sejenak untuk summit malam ini, kami akan summit pukul 00.00 artinya kita harus sudah bangun jam 23.00.