FOLLOW @ INSTAGRAM

On My glasses

Saturday, September 13, 2014

Solo Trip Backpackeran Jakarta - Lombok 2014 #lostinparadise

Lombok Lombok dan Sumbawa….yeah akhirnya I will go there for 10days.. gue adalah  termasuk salah satu orang yang kurang mendapatkan feel jika ke pantai lain halnya jika ke gunung. Tapi untuk beberapa lokasi ini ( Lombok, Belitung, Derawan, Flores, Raja Ampat dan Manado ) gue wajib kesana, selebihnya gue akan berpikir sekeras mungkin.hahah..

Perjalanan kali ini adalah perjalanan yang gak terlalu berpikir panjang dan karena “ Kapan Lagi?” serta hasil dari cedera kaki yang menyebabkan batal sudah ke salah satu gunung impian..RAUNG!!.. ditambah edisi keracunan akan salah satu pulau di Sumbawa serta menyusul seseorang, cailapret.

Demi menekan biaya dan karena dadakan maka tiket pesawat pun melambung tinggi. Akan tetapi perjalanan backpackeran gue VIA DARAT ke Lombok ini adalah perjalanan membunuh RASA PENASARAN!! Gue tentang seperti apa ke Lombok via darat itu, meskipun sebelumnya gue pernah melakukannya Cuma sampai Bali dan itu bersama 1 orang temen dari Jakarta, tapi kali ini I’M SOLO TRIP VIA DARAT!!..jadi cari referensi dan BISMILLAH saja lah..

Diawali dengan perjalanan di hari kamis 26 agustus 2014 dari Jakarta kota gue membeli tiket seharga 50.000 menuju lempuyangan, yak gak kebagian tiket dari pasar senen. Huhu. Pagi yang indah dengan kesalahan membaca jadwal tiket yang harusnya 10.30 tapi jadi 11.30, alhasil terburu-buru dengan bawaan keril dan 1 alat selam komplit. Arah bandara yang mematikan macetnya. Akhirnya bisa tiba dengan sedikit kurang selamat 5 menit menuju KAI berangkat. Oh Tuhan!

Perjalanan 10 jam pun tiba dengan ke ngaretannya jadwal kereta menuju lempuyangan, jam 9 pun tiba di stasiun yang sudah tidak asing lagi ini, modal pertama adalah menelpon salah seorang penyelamat gue yaitu Kak Maul. Untuk tempat singgah sebelum esok pagi perjalanan panjang dimulai. Alhamdulillah masih bisa ngerasain kasur dan yang terpenting MANDI dan KERAMAS dengan AIR PANAS!!..hahha

Jumat pagi 27-08-2014 kereta sri tanjung jurusan lempuyangan – banyuwangi pun berangkat. Entah biasanya kereta ini sepi seharusnya tapi ini rame. Gue yang seorang diri pun akhirnya bergabung dengan 3 orang anak-anak mahasiswa yang akan berlibur ke banyuwangi. Perjalanan super panjang selama 13 jam harus di lalui di kereta ini. Di otak galau menyergap, sambil otak terus berputar menimbang-nimbang apakah gue bakal tetap lanjut memecahkan rasa penasaran gue terhadap jalur daratnya menuju Lombok atau gue melanjutkan dengan pesawat dari Surabaya. Yak punya waktu 5 jam buat mengambil keputusan sebelum akhirnya kereta ini akan  berenti di Surabaya Gubeng kalo gue emang mau melanjutkan dengan pesawat. Di hitung waktunya, dihitung duitnya, GALAU AKUT..1 yang gue khawatirin adalah gue sendirian dan di terminal gilimanuk itu tempatnya sepi dan horror, gimana caranya??..memandangi gerbong 6 ini ada 1 rombongan sekitar 10 orang dan beberapa bule, gue tau pasti itu mau ke rinjani, tapi apa kah mereka bakal ramah dan mau gue intilin buat ngikut bareng sampai Lombok.oke! MIKIR MIKIR MIKIR!!

Akhirnya,pilihan untuk memecahkan penasaran gue yang besar adalah lebih penting! Hahah, sampai di stasiun banyuwangi pukul 9 malam, jurus jitu harus segera dikeluarkan SKSD..setelah berhasil SKSD akhirnya keberadaan gue yang solo trip pun diterima oleh si Gustav kepala rombongan dari bandung ini yang sama sekali belum pernah via darat, untung saja perjalanan ke bali kemarin jadi bekal. Hahhaha.. dan bergabung pula disini ibu-ibu berumur 61 tahun yang ngintil yang kita panggil OMA, dya padahal tadinya Cuma mau ke bali doang serta Tika dan kahfi.

Pukul 11 malam akhirnya kami ber 15 pun bersiap menyebrang menuju pelabuhan Gilimanuk, dengan tiket seharga 8000 rupiah selama 45 menit, kami pun berlayar berteman dengan angin malam. Mereka-mereka yang berjumpa dengan gue hanya melontarkan “ ah gilak, keren banget, berani banget sendirian “,, dibalik kata-kata mereka butuh nyali gede padahal,,hahaha. Tibalah kami akhirnya di pelabuhan gilimanuk, memasuki WITA artinya 1 jam lebih awal disbanding WIB, setting jam tangan. Berjalan sekitar 300 meter keluar pelabuhan maka akan tiba di terminal gilimanuk, gue dan gustav deal pokoknya bus yang bakal membawa kita ke pelabuhan padang bai gak boleh lebih dari 50.000, coz gue waktu itu 50.000 sampai karangasem. Keluar pelabuhan cek KTP jadi hati-hati harus bawa KTP, di terminal sudah diserbu oleh calo-calo karena melihat kami rombongan. Lahasil deal lah harga 50.000/orang bus Terminal Gilimanuk ke Pelabuhan padang Bai selama 6 jam. Bus baru akan jalan sekitar pukul 02.00 WITA.

Ya allah remek banget rasanya berpuluh puluh jam di kereta,,hahhha,,dan harus menghadapi 6 jam lagi dibus,hahha..ini GILAK!! Bus pun akhirnya mulai bergerak berharap jalanan lancer karena ini 6 JAM pemirsah. Ritual tidur adalah yang utama.zzzzzZZZZZ.akhirnya tepat pukul 07.00 pagi kami akhirnya tiba di padang bai, seketika ada rasa bangga, “ gilak nyampe juga di padang bai gue,,hahah “..pelabuhan padang bai pun didepan mata berjalan sekitar 300 meter menuju dalam pelabuhan dan kemudian membeli tiket kapal, harga tiket kapal sebesar 50.000. tapi baik sekali bapak penjaga tiket pagi ini member harga 35000 ke kami,mungkin bapaknya ngantuk..hahaha. dari pelabuhan padang bai ini kita akan menyebrang menuju pelabuhan lembar  Lombok dengan waktu 4 jam, kapal yang besar dan nyaman menurut gue dan kamar mandinya itu loh BERSIH dan bisa mandi..hahah..

Hah dan kahirnya pelabuhan Lembar Lombok pun tiba…..welcome guys!!

Itinery

Sri tanjung : 55000
Kapal ke Gilimanuk : 8000
Bus ke Padang Bai : 50.000
Kapal Ke Lembar : 35.000 ( dapet diskon dari50.000 )

Tips : jangan beli popmie di kapal menuju lembar harganya 15000*mahalbeud*
         jangan main tidur dikasur yang ada dikapal menuju lembar harganya 30.000*udahdikursiajajangangaya
         jangan beli nasi bungkus yang ditawarin goceng-goceng sama penjual karena isinya ga bakal tega buat ditelen.
DAN CHALLANGES DONE!! PUAS !!
*ketawa jahat dan bangga *
--kalo orang lain bisa gue juga harus bisa--